Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tilt Steering dan Telescopic serta Penjelasannya

     Roda kemudi telescopik adalah salah satu jenis roda kemudi yang dapat disesuaikan yang diterapkan di beberapa kendaraan yang diproduksi secara massal saat ini. Roda itu sendiri adalah bagian dari keseluruhan sistem kemudi yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengarahkan laju mobil yang sedang bergerak untuk berbelok.

fungsi roda kemudi power sterring


Sejarah Singkat Roda Kemudi

Sementara ini untuk tanggal pasti dari roda kemudi tidak diketahui, sejarawan telah menduga bahwa sebagian besar kapal laut menggunakan roda kapal pada abad ke-18. Menurut infoChachkie.com, pengemudi yang memiliki mobil awal mengarahkan mereka dengan anakan alih-alih roda kemudi. Baru pada tahun 1894, ketika Alfred Vacheron membalap model Panhard 4-tenaga kuda menggunakan roda kemudi, mereka menjadi lebih umum untuk digunakan.

Empat tahun kemudian, Charles Rolls menjadi pabrik pertama di kota inggris dengan setir mobil. Pada tahun 1904, roda kemudi sepenuhnya menggantikan kemudi di mobil seperti Rambler Model E. Kira-kira pada saat itulah Thomas B. Jeffrey, pendiri merek Rambler, bersikeras bahwa kursi pengemudi terletak di sisi kiri. Pada tahun 1910, sebagian besar mobil AS menampilkan roda kemudi sisi kiri.

Roda Kemudi untuk Kendaraan Penumpang

Dengan desain melingkar, roda kemudi yang dibuat untuk kendaraan penumpang terhubung ke kolom kemudi melalui hub yang terpasang pada cincin luar roda kemudi dengan satu, atau banyak jari-jari. Sangat jarang kendaraan saat ini memiliki roda gerak tunggal. Selain desain melingkar, bentuk roda mobil lainnya termasuk kupu-kupu dan desain atipikal lainnya yang memang kurang umum.

The Car Guide menjelaskan bahwa Chrysler mengubah pengalaman berkendara pada tahun 1951 dengan diperkenalkannya sistem power steering pertama yang tersedia secara komersial. Banyak pengemudi saat ini tidak mengalami hidup tanpa power steering, yang membuat tikungan dan manuver kendaraan menjadi mudah. Meskipun sistem ini pertama kali mengandalkan hidraulik, kendaraan modern dengan sistem kelistrikan terus menggantikan teknologi ini.

Roda Kemudi yang Dapat Disesuaikan

Ada enam jenis roda kemudi yang dapat disesuaikan yang meningkatkan pengalaman berkendara. Saat menentukan jarak terbaik untuk menyetel setir, pengemudi dapat menemukan lokasi yang ideal dengan meletakkan pergelangan tangan di depan mereka dan meletakkannya dengan nyaman di atas setir.

1. Roda Miring

Roda kemudi yang dapat dimiringkan memungkinkan pengemudi untuk mengatur ketinggian roda kemudi dengan gerakan naik turun. Tergantung pada desainnya, poros mungkin sedikit ke depan yang memungkinkan gerakan lebih besar dengan kemiringan yang lebih sedikit. Penempatan pivot lainnya praktis di dalam roda kemudi, yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan sudut dengan sedikit perubahan pada ketinggian roda kemudi.

2. Kolom Kemudi yang Dapat Disesuaikan

Kolom kemudi yang dapat disesuaikan memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan ketinggian roda kemudi dan jarak sesuai dengan preferensi mereka dengan sedikit perubahan kemiringan, menggunakan motor listrik atau kunci kompresi. Ini memberikan pengalaman berkendara yang nyaman. Setelah disesuaikan, posisi dapat dikunci di tempatnya hingga pengemudi memilih untuk menyesuaikannya kembali.

3. Roda Teleskop

Sama seperti mekanisme teleskop, roda kemudi teleskopik memungkinkan pengemudi untuk menggerakkan roda ke arah atau menjauh dari pengemudi. Proses penyetelan roda teleskopik menjadi lebih sederhana dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Daripada membuka mur pengunci sebelum penyetelan, atau melonggarkan selongsong di sekitar kolom kemudi seperti yang diperlukan model Jaguar XK120 dan Ford Thunderbird sebelumnya, pengemudi hanya perlu melepaskan tuas pengunci atau menekan sakelar kontrol di roda kemudi sambil menarik roda maju atau mundur

4. Swing-Away

Sebuah alternatif yang populer di tahun 60-an, variasi roda kemudi ini membantu pengemudi masuk dan keluar kendaraan dengan sedikit usaha. Bahkan, pengemudi dapat memindahkan seluruh kolom kemudi ke kanan sejauh sembilan inci, selama kendaraan diparkir. Ford memperkenalkan roda kemudi yang dapat disesuaikan ini pada tahun 1961 di Ford Thunderbird. Selama beberapa tahun berikutnya, model Ford lainnya menerima peningkatan yang nyaman ini.

5. Miringkan

Per Automotive Mileposts, sebagai jawaban untuk standar keselamatan yang diperbarui pada tahun 1967, Ford memperkenalkan Roda Kemudi Tilt-Away, yang tetap diam tetapi memungkinkan bagian atas kolom berputar ke atas dan ke kanan. Meskipun pergerakannya lebih terbatas, itu masih dipuji sebagai pilihan yang nyaman karena muncul secara otomatis begitu pintu sisi pengemudi terbuka. Selain itu, itu berisi sembilan posisi miring.

6. Hub Rilis Cepat

Roda kemudi dengan hub pelepas cepat memungkinkan pengemudi melepas roda kemudi dengan menekan sebuah tombol. Ini dimungkinkan dengan memasang roda ke hub yang dapat dilepas, juga dikenal sebagai hub pelepas cepat. Biasanya digunakan pada mobil balap dengan jarak yang sempit untuk jalan masuk dan keluar yang lebih mulus, pengemudi juga memasangnya untuk mencegah pencurian.

Penggunaan Roda Kemudi

Pengemudi hari ini dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan ekstremitas mereka. Penggunaan roda kemudi yang benar membutuhkan kesadaran akan gerakan tangan dan pergelangan tangan yang terbaik. Gerakan berputar yang strategis dapat melindungi pengemudi dari rasa sakit yang terkait dengan mengemudi. Untuk melindungi pergelangan tangan dari bahaya, lebih khusus lagi jaringan dan tendon yang terletak di dalam pergelangan tangan, pengemudi harus menjaganya tetap lurus untuk menghilangkan tenaga yang berlebihan dan saraf serta pembuluh darah yang tertekan.

Untuk menjaga kualitas roda kemudi, pengemudi harus menghindari kemudi kering, atau memutar roda saat kendaraan diparkir. Ini membebani mekanisme kemudi dan menciptakan keausan ban tambahan.

Tombol dan Kontrol Roda Kemudi Umum

Sementara klakson mobil adalah tombol yang paling dikenal di roda kemudi, selama bertahun-tahun, fitur tambahan telah meningkatkan pengalaman pengemudi. Pabrikan mobil mewah Lincoln menambahkan fungsi cruise control ke Continental dan Continental Mark IV melalui dua sakelar rocker yang terletak di roda kemudi pada tahun 1974. Pontiac menjadi berita utama 14 tahun kemudian dengan roda kemudi 12 tombol yang mengontrol beberapa fungsi audio pada Trans- Model Am, 6000 STE, dan Bonneville

Baru pada tahun 90-an sejumlah tombol tambahan menjadi lebih umum di roda kemudi. Mobil modern sekarang menyertakan opsi remote dan hands-free yang mengontrol sistem audio, dan kontrol telepon untuk membantu menjaga tangan pengemudi tetap pada kemudi. Banyak model memiliki tombol atau roda gulir yang menyesuaikan tingkat volume dan menggulir menu untuk menavigasi stasiun radio atau trek musik.

10 Mobil dengan Roda Kemudi Teleskop

Banyak pengemudi lebih memilih mobil dengan roda kemudi teleskopik karena pengalaman pengemudi yang disesuaikan. Untungnya, banyak kendaraan yang menyediakan fitur ergonomis ini, termasuk yang telah kami pilih untuk daftar kami.

  1. Alfa Romeo Giulia 2017
  2. 2017 Buick LaCrosse
  3. Pengisi Daya Dodge 2016
  4. Ford Focus 2016: Mobil kompak populer
  5. Chevrolet Camaro 2016
  6. Honda Accord 2016
  7. Aksen Hyundai 2016
  8. Volkswagen Golf 2016
  9. Toyota Camry 2016
  10. 2017 Audi A4