Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara kerja mekanisme teknologi VVTI pada kendaraan

   Apa itu VVT-I ?

   Di mobil baru atau belakang  kendaraan ada emblem VVT-i, VVT, i-VTEC, i-DSi, apa sih arti semua hurufnya? Ya, semua tulisan berarti teknologi yang dianut mobil tertentu. Di pabrikan TOYOTA punya teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent), HONDA juga punya i-VTEC (intelligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) dan i-DSi (intelligent Dual and Sequential Ignition), seolah tak mau kalah dengan SUZUKI juga memiliki teknologi VVT (Variable Valve Timing). VVT/VVT-i Merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Suzuki dan Toyota.

Cara kerja dan system VVT-I

Cara kerja system VVT-I

   Cara kerja kedua teknologi tersebut adalah dengan memanfaatkan overlap pada bukaan inlet valve. Saat putaran mesin masih rendah atau konstan overlap yang terjadi pada inlet valve tidak begitu besar, namun saat mesin membutuhkan tenaga yang besar maka overlap bukaan valve akan semakin besar. Tujuan terjadinya overlap pada inlet valve adalah untuk mempercepat masuknya campuran bahan bakar dan udara pada saat mesin membutuhkan tenaga dan untuk terjadinya EGR (Exhaust Gas Recirculation) yang walaupun campuran bahan bakar telah terbakar ada kalanya gas pembakaran masih memiliki HC (molekul Hidrokarbon).

Gas hasil pembakaran yang masih memiliki HC tinggi, masih bisa dibakar kembali sehingga nantinya gas emisi yang keluar dari knalpot bisa lebih ramah lingkungan. cara kerja overlap ini didasarkan pada tekanan hidrolik oli di dalam mesin.

Perkembangan VVT-I

    Di Toyota, mobil overlap terjadi saat putaran mesin sudah melewati 2000 rpm. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota, VVT-i menggantikan teknologi Toyota VVT yang telah diterapkan pada tahun 1991, mesin VVT-i diklaim membuat mesin lebih irit dan bertenaga, ramah lingkungan dan tentu lebih hemat bahan bakar.

Dasar dari VVT-i adalah untuk mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi berkendara yang membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan menurunkan emisi bahan bakar serendah mungkin, bagaimana cara kerjanya? Cara kerjanya cukup sederhana, untuk menghitung waktu pembukaan valve timing yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan putaran mesin, volume udara yang masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air, agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi camshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi, bahasa paling sederhana dari sistem VVT-i akan terus mengoreksi timing katup atau saluran masuk bahan bakar dan udara.

 Disetel dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin, adopsi teknologi VVT-i pada mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya perawatan yang harus ditanggung. Karena tune-up seperti valve set dan sebagainya sudah tidak diperlukan lagi, namun tetap harus melakukan servis secara berkala, untuk menghindari bengkel sembarangan, dan menggunakan oli mesin dengan grade yang dipersyaratkan sesuai dengan manual yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil itu senduri.

   Memilih bengkel manapun agar mobil ini menjadi pantangan, pasalnya mesin ini membutuhkan komputer diagnostik khusus yang hanya tersedia resmi, konsep Teknologi Tinjauan dasar VVT-i adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi berkendara yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan mengurangi tingkat emisi serendah mungkin. Karena itulah kendaraan bertenaga mesin VVT-i ini mampu menghasilkan tenaga yang besar meski kapasitas silinder cc mesinnya kecil.

Cara kerja VV-I

    Mekanisme Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu pembukaan valve timing yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan putaran mesin, volume udara yang masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air, agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi camshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.

Dengan mudah sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau saluran masuk bahan bakar dan udara, disetel dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin, pemeliharaan adopsi teknologi VVT-i pada mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya perawatan yang harus ditanggung,  pasalnya mesin ini membutuhkan komputer diagnostik khusus yang hanya tersedia resmi. Satu hal yang masih sulit dilakukan mayoritas pemilik mobil di Indonesia yang umumnya mengutamakan mobil yang serba guna, handal, terjangkau dan perawatan serta bengkel yang tidak sulit dalam keadaan darurat.