Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pengecekan dinamo stater dengan benar

Cara kerja dinamo starter mobil

Dinamo stater atau starter pada mobil merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang berfungsi untuk menghidupkan mesin untuk pertama kalinya di saat strater awal. dinamo starter atau motor stater mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar poros engkol mesin, atau poros mesin melalui roda gila atau flywheel. Prinsip kerja dinamo starter atau cara kerja motor starter mobil, baik itu untuk motor, mobil bensin atau solar adalah sama.

cara cek dinamo starter


Tips dan cara menganalisa kerusakan pada bagian starter mobil

Tidak kuat starter, atau juga starter nyangkut, starter mobil terasa berat disaat mulai melakukan stater awal pada mobil dan kita mulai bingung menentukan komponen mana yang rusak. Entah aki sudah mulai lemah atau malah motor starter atau dinamo starter rusak atau bahkan mungkin mesin berat berputar karena ada bagian dalam pada mesin yang memang macet.

   Cara menganalisa kerusakan dinamo stater pada mobil dengan cepet antara lain kita dapat mngecek dulu pada bagian aki, accu, atau battery, apakah tegangan listrik di aki mobil masih tinggi atau sudah lemah. jika sudah dicek aki mobil kemudian mendapatkan arus yang lemah, dan kita juga harus memperhatikan aki apa perlu di ganti atau tidak, kemudian lakukan pengecekan pada kabel apakah kondisi kabel dalam kondisi baik atau tidak, perlu diketahui jika kabel listrik dalam kondisi rusak dapat mengakibatkan konsleting pada bagian sesuai jalur kabel kelistrikan tersebut dan juga dapat menyebabkan lifting power stater dinamo tidak berfungsi dengan baik/lemah.

    Untuk memastikan komponen mana saja yang rusak saat starter mobil dan terasa berat, kita harus memastikan antara aki dan dinamo starter dapat dilakukan dengan beberapa cara :

Ukur voltase aki mobil /kendaran

    Selama proses starteratau engkol mesin Gunakan Avo meter atau volt meter, pasang di ujung terminal alat ukur atau avometer. Lepas sekering EFI atau IG atau relay EFI kemudian starter mobil dari pengapian, sambil memeriksa pembacaan tegangan pada aki saat starter mobil, jika tegangan turun terlalu jauh di bawah 10 volt kemungkinan baterai sudah mulai rusak, tetapi jika tegangan tidak turun di di bawah 10 volt, misalkan masih di atas 10,2 volt ketika mobil di starter tetap mobil mobil terasa berat kemungkinan kerusakan adalah jalur kabel atau aliran arus listrik terhambat karena penyambungan atau kabel koneksi link tidak baik, ada kemungkinan grounding buruk. Cara yang sama juga bisa menggunakan load tester, berapa drop voltage atau tegangan baterai saat menggunakan load tester. Jika tegangan turun di bawah 9 atau di bawah 10 volt, baterai accu rusak dan saat baterai diganti.

Lakukan Pengukuran arus listrik ke Motor Starter

    Untuk mengukur arus listrik yang mengalir melalui starter kita dapat menggunakan ampere meter, jika pada saat mengukur arus listrik dengan tang ampere ternyata arus terlalu besar lebih dari ukuran spesifikasi starter, berarti terjadi short atau konslet pada coilmotor stater Catatan : Untuk motor starter dengan daya 1Kw atau 1000 watt, arus listrik mengalir ke starter sekitar 80 an Ampere saat starter diputartanpa beban mesin, namun saat motor starter berputar mesin mengalir arus listrik berkisar 100 Ampere menjadi 120 Ampere. Jadi jika arus listrik terukur diatas 130 Amper untuk motor starter 1 Kw ada indikasi motor starter short atau rusak. Analisa lainnya, jika arus listrik mengalir sesuai spesifikasi dan starter masih terasa berat dengan tegangan aki turun di bawah 9 volt saat stater berarti aki mulai lemah.

Cara cek Starter motor paling mudah 

    Untuk menentukan komponen mana yang rusak saat starter terasa berat, langkah yang dapat kita lakukan adalah meminjam aki yang masih bagus. Jika aki mobil sudah dipinjam ternyata stater mobil juga masih berat tandanya ada kerusakan pada motor starter atau saluran kabel, segera perbaiki jalur kabel ke motor starter dan perbaiki dinamo starte, saat aki sudah ganti, starter sudah ditest berfungsi dengan baik dan perkabelan bagus, terakhir buka busi dan putar pulle crankshaft (poros mesin) dengan tangan menggunakan kunci, jika terasa berat mesinnya yang menyebabkan starter berat. Jadi kemungkinan lain penyebab stater mobil berat adalah ada komponen mesin yang macet.