Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah penyebab dinamo starter lemah

    Kondisi yang paling menyebalkan adalah saat jam sibuk dan kita sudah harus berangkat bekerja pada saat itu pula terjadi masalah oleh kendaraan kita yang memang susah untuk dilakukan starter atau starter terasa berat,  Padahal kondisi penting seperti ini sebenarnya tidak harus terjadi, Pasti rasanya ingin menendang mobil berkali-kali, harap bersabar dan jangan ditendang karena lebih baik diperiksa terlebih dahulu, untuk memastikan kerusakan tersebut, dan hendak melakukan perbaikan lebih awal.

penyebab dinamo starter lemah/rusak


    Untuk dinamo starter yang terasa berat bahkan sampai tidak bisa melakukan start awal, biasanya masalah ini terjadi pada sistem kelistrikan antara baterai yang mulai melemah atau dinamo starter yang memang sudah usia dan mengharuskan kita untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen tertentu, ada beberapa penyebab starter mobil melemah hingga tidak kuat melakukan starter bahkan sampai dinamo starter nyangkut, berikut penyebab dan cara memperbaiki Dinamo starter mobil yang berat saat starter:

Penyebab Berat Dinamo Starter pada mobil

Memeriksa komdisi baterai

    Apakah baterai yang ada dapat mensuplai listrik dari kekurangan tegangan untuk menyalakan dinamo starter? perhatikan komponen penyusun aki mobil, biasanya aki mobil yang sudah rusak atau melemah, saat dilakukan starter akan tedengar suara "tech, tech, tech" cukup cepat bahkan tidak merespon sama sekali, hal ini terjadi karena tegangan aki di bawah standar atau kurangnya tegangan voltase pada aki di bawah 10 volt, ketika baterai hampir habis, sel-sel di dalam baterai terlihat rusak, kondisi kembung pada bodi aki juga terlihat karena sel tersebut rusak, jika memang seperti ini maka periksalah accu tersebut lebih lanjut.

Periksa Kabel dinamo starter

     Periksa kabel-kabel yang longgar pada kabel yang menghubungkan ke dinamo starter, Akibat kabel yang kendor dan juga korosi mengakibatkan daya yang melemah, jika kabel masa dan arus pada dinamo starter tidak mengikat dengan kuat atau socket dan kabel masa terlihat kendor kemungkinan besar tegangan yang masuk akan melemah dan mengakibatkan starter tidak cukup arus untuk melakukan kinerjanya secara electrik, untuk itu periksa kabel dan kencangkan, antara pada bagian acu dan pada bagian dinamo starter.

Starter nyangkut

     Cara mengatasi masalah pada dinamo Starter mobil Ada beberapa solusi mengatasi Dynamo starter mobil berat jika akar masalahnya adalah aki tetapi yang satu ini juga pernah terjadi tetapi memang jarang sekali, starter hanya bunyi tek-tek tetapi tidak berputar yang menandakan starter nyangkut dan  hanya berputar tetapi tidak kembali seperti awal pada gerakannya, hal ini untuk sementara bisa di tangani dengan memukul atau menggetok-getok starter pada posisinya, jika sudah berjalan normal langkah selanjutnya adalah kita harus merperasi atau melakukan rebuild pada starter tersebut untuk menghindari kendala mangkin terjadi lagi.

Kerusakan pada solenoida

    Pada kasus ini dapat menyebabkan starter mobil berat untuk dinamo, Umumnya terjadi pada gulungan yang menarik atau menahan kumparan dalam kumparan. Saat rusak, kemampuan magnet untuk menahan pinion akan berkurang. Alhasil gigi pinion starter malah bergerak mundur, Carbon brush yang habis akibatnya tidak bisa menyambung tarikan coil dengan ground dan pull in coil tidak bisa mendorong gigi pinion, reel di starter tidak berfungsi dan bahkan beberapa efek lainnya. Lebih baik bawa ke bengkel untuk memperbaiki dinamo starter tersebut.

Kerusakan pada saklar starter

Penyebab Dinamo starter mobil ketiga berat mungkin terletak pada kontak saklar starter. Saklar starter mengalami keuasan akibat aus terus-menerus. Efek keausan ditandai dengan terdengarnya suara "dangkal" saat mesin distarter, solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Biayanya kira-kira memang cuku mahal untuk menggantinya, siapkan beberapa alat dan bahan. Untuk bahannya tentu saklar starter baru. Untuk kunci Prod 14 shock, 12 atau kombinasi dan 10 kunci pas ring atau kombinasi. Untuk melepas.

Cara membuka melepas:

Buka klem kutub negatif aki agar tidak terjadi short saat melepas klem terminal starter. Lepas mur terminal clamp 12 agar starter bisa terbuka. Kemudian, lepas konektor solenoid starter. Gunakan kunci 14 untuk melepas kedua baut starter yang menghubungkan starter dengan mesin. Beberapa mobil menggunakan tiga baut. Kumpulkan baut pada tempat agar tidak hilang, untuk pemasangan, temukan komponen yang baru dibeli yang sesuai dengan posisinya.

    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada masalah dinamo starter yang lemah atau rusak, kendala memang sering terjadi pada kendaraan roda empat pada umumnya, dan ini bukan merupakan kerusakan jenis yang berat dan mobil masih dapat bergerak atau hidup berjalan dengan mencoba mendorong mobil tersebut dan masukan gigi persneling dengan kecepatan yang cukup.