Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat baterai/accu tipe basah dan kering

    Aki, accu atau juga battery merupakan suatu sumber daya listrik yang di pakai paka kendaraan bermotor, fungsi accu ini sangat berarti bagi kehidupan kendaraan, yaitu sebagai pengalir listrik yang mampu menggerakan segala system yang menggunakan tekanan daya listrik, terlebih accu ini juga berfungsi sebagai penerangan di dalam dan di luar kendaraan seperti dalam kabin dan menerangi jalan yang akan kita lalui, bagaimana jika kita tidak merawat accu dengan benar?

Cara merawat aki, accu, baterai mobil


   Untuk melakukan pengecek kondisi Accu pada kendaraan kita harus melakukan beberapa hal, Jika kita menginginkan kendaraan yang memiliki aki mobil yang cukup awet maupun sehat, accu kendaraan bermotor harus di perhatikan dan tidak lalai dalam pemeliharaanya jika kita menggunakan kendaraan secara rutin agar tidak bermsalah pada system kelistrikannya, terutama pada saat kita sedang melakukan perjalanan.

Tanda/Ciri Accu, Aki, Baterry mulai rusak adalah

  • Accu tidak dapat menyimpan listrik dengan baik Atau tegangan turun.
  • Terdapat jamur pada bagian kepala aki yang biasanya berwarna hijau berkapur.
  • Tinggi air mulai berkurang.
  • Cell yang terdapat dalam accu ini terlihat rusak.
  • Bodi atau fisik aki terlihat mengembung.
  • Teradapat gelembung udara yang  keluar di dalam air.
  • Cell yang terdapat dalam aki terlihat rusak.

Bagaimanakah cara melakukan perawatan aki mobil dan pada kendaraan.

   Aki mobil dan sepeda motor sebagai salah satu sumber listrik kendaraan sangat dibutuhkan terutama pada saat pertama kali menghidupkan mesin di sebut juga crangkil dimana pada saat itu juga accu akan mendapatkan peran terpenting di karenakan pada saat tersebut kendaraan membutukan tegangan yang maksmial dari sumber daya listrik tersebut, jika accu pada kendaraan kita tidak memilki accu yang cukup sehat maka akan terasa berat untuk menghidupkan kendaraan dan menggerakan dinamo starter sebagai pemutar roda flywell.

ACCU kering dan basah

   Untuk jenis aki sendiri terdiri dari dua macam yaitu Aki Kering (dry battery) dan Aki Basah (wet battery), dan bisa terlihat dari fisiknya apkah terdapat lubang air atau tidak

Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara merawat baterai: 

  • Periksa air baterai secara berkala, pastikan ketinggian antara level batas atas dan level bawah.
  • Periksa bagian metal di kepala accu apakah terdapat jamut, jika ada jamur berwarna hijau coba bersihkan dengan air yang cukup panas dan di siramkan.
  • Periksa fisik aki, apakah ada retak atau bocor, sumbat lubang air accu yang tidak tertutup dengan baik dengan tutup aki,
  • Bersihkan aki jika kotor dan berdebu secara fisik, beri sedikit minyak pada tiang penyangga accu agar tidak berkarat
  • Tambah air aki dengan aquades jika ada cairan accu yang kurang bukan dengan accu zuur, karena accu zuur hanya untuk pertama kali saja dan memang memilki electrolit.
  • Hindari hubungan pendek kutub positif dan negatif baterai (sangat merusak sel baterai).
  • Periksa tiang penyangga apakah sudah mulai kendor , periksa juga klem/braket aki agar tetap kokoh agar tidak mudah lepas dari tempatnya (berguna untuk mengurangi goncangan pada aki).

    Jika umur aki cepat habis kemungkinan aki sudah mulai rusak dan harus ganti karena bisa merusak komponen lain yang terpengaruh.

     Accu adalah komponen yang harus di jaga dan di rawat sebaik mungkin Karena aki berhubungan dengan komponen kelistrikan pada kendaraan kita dan juga merupakan suatu daya utama untuk menghidupkan mesin melalui ECU, mungkin hanya itu yang bisa di jelaskan, terima kasih.